Oleh: onewords | September 2, 2013

Jangan Menunda


Walaupun kita mempunyai potensi yang hebat, namun bila kita mempunyai kebiasaan menunda-nunda, maka hasil yang kita dapat tidak akan pernah maksimal. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, menunda berarti menangguhkan/mengundurkan waktu. Pengertian menunda-nunda bukan hanya sekedar menunda, tapi merupakan satu kebiasaan, gaya hidup menangguhkan sesuatu yang bisa kita kerjakan sekarang, tapi dengan sengaja kita ulur waktunya.

Alasan-alasan umum menunda pekerjaan:
1. Masih mempunyai banyak waktu. Seringkali orang menunda pekerjaan karena kita berpikir kita masih punya banyak waktu.

2. Menganggap pekerjaan itu kurang penting.

3. Tidak tertarik untuk melakukannya.

4. Malas.

5. Takut untuk mengerjakan. Jika kita baru pertama kali melakukan pekerjaan suatu pekerjaan, maka biasanya kita ragu dan takut untuk melakukannya, kita ragu akan kemampuan kita apakah kita sanggup untuk melakukannya. Dan akhirnya kita menunda pekerjaan itu.

Dampak dari menunda-nunda pekerjaan:
1. Kerja Keras. Karena kita menunda pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan jauh lebih awal, maka ketika waktu dead line sudah dekat, maka mau tidak mau kita harus kerja lembur.

2. Stres. Tanggung jawab yang belum kita selesaikan, secara sadar atau tidak sadar selalu menghantui pikiran kita. Semakin banyak pekerjaan yang tertunda, semakin banyak yang tersimpan dalam pikiran kita tentang pekerjaan yang belum kita selesaikan, dapat membuat kita stres.

3. Emosional. Jika sudah mencapai tingkat stres karena banyak pekerjaan yang belum diselesaikan, sementara waktu dead line semakin dekat, kita juga bisa menjadi emosional dan cepat marah.

4. Sakit Penyakit. Stres dan emosi yang tidak stabil karena pekerjaan yang tertunda dan menumpuk, dapat menimbulkan bermacam-macam penyakit sepeti darah tinggi, stroke, jantung dan lain-lain.

5. Mengembangkan Sikap Malas. Suatu pekerjaan yang ditunda terlalu lama, membuat kita pada akhirnya menjadi malas untuk mengerjakannya.

6. Mengembangkan Sikap Penakut. Karena kita takut untuk melakukannya, kemudian menunda-nunda akhirnya kita tidak mempunyai keberanian untuk melangkah. Seringkali orang tidak pernah mengalami hal-hal baru, atau mengalami terobosan baru karena kita tidak berani untuk melewati pengalaman pertama, padahal jika kita berhasil melaluinya, maka kita akan melakukan lebih baik lagi di masa-masa mendatang.

7. Mengacaukan Tim Kerja. Dampak menunda bukan hanya kepada bagian kita, tapi kepada bagian lain. Sehingga mengganggu kinerja dari tim kerja.

John Maxwell mengatakan, “Kerja keras adalah kumpulan dari hal-hal mudah yang tidak kita lakukan ketika seharusnya kita lakukan”.

Bonus tidak menunda pekerjaan:
1. Terhindar dari stres yang tidak perlu
2. Dapat hidup tenang
3. Dapat meraih kesempatan emas.

Penundaan adalah hal yang paling buruk bagi produktivitas seseorang. Oleh karena itu kembangkanlah sikap tidak menunda-nunda agar kita berhasil.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: