Oleh: onewords | November 15, 2010

Bersatu Untuk Membangun


Nehemia 2:17-3:4

Seorang pemuda membaca berita tentang tujuh balita gizi buruk yang meninggal. Dari situ ia terpanggil untuk bertindak. Di tengah kesibukannya sebagai karyawan swasta, si pemuda membentuk suatu proyek bersama beberapa teman. Mereka melatih ibu-ibu di daerah miskin terdekat untuk membuat kerajinan tangan. Keuntungannya diberikan kepada ibu-ibu dalam bentuk susu dan uang. Selanjutnya, proyek ini menular ke daerah lain.

Tatkala pulang dari pembuangan, Nehemia melihat Yerusalem yang tinggal puing. Namun, ia tidak hanya mengeluh dan menyesali. Ia berbuat sesuatu. Nehemia sadar, runtuhnya tembok Yerusalem membuat penduduknya mudah ditindas bangsa lain karena tak ada pertahanan. Oleh penyertaan Tuhan, Nehemia berhasil mendapat izin serta dukungan penduduk Yerusalem untuk membangunnya kembali. Ia berkata: … kami, hamba-hamba-Nya, telah siap untuk membangun… (ayat 20). Mereka melakukan pekerjaan dengan bahu-membahu. Semua kalangan pun berperan: pedagang, penguasa, tukang emas, imam, orang Lewi, juga orang-orang non-Israel seperti orang Gibeon dan Meronot. Mereka membagi tugas berdasar wilayah yang dekat dengan tempat mereka tinggal. Mereka bekerja dengan segenap hati dan tahu bahwa yang membuat mereka berhasil adalah Tuhan saja.

Begitu kerapnya kita mendengar hal buruk terjadi di negeri ini. Namun, akan lebih baik jika kita bertindak nyata. Tuhan punya maksud dan rencana ketika menempatkan kita di daerah tertentu dan memberi kita talenta tertentu. Apa pun profesi atau suku kita, jika kita bersatu membangun negeri, maka tidak mustahil-oleh anugerah Tuhan-negeri kita akan bangkit –VT

Bacaan Setahun :
Yehezkiel 1-2
Ibrani 11:1-19

Nats :
Aku menjawab mereka, kataku: “Allah semesta langit, Dialah yang membuat kami berhasil! Kami, hamba-hamba-Nya, telah siap untuk membangun… (Nehemia 2:20)

Copyright – SABDA.org – http://www.sabda.org/publikasi/e-rh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: