Oleh: onewords | Oktober 4, 2010

Dari Minuman Jadi Terkaya di China


Dia adalah Zong Qinghou, pendiri Hangzhou Wahaha Group dengan kekayaan US$12 miliar.

VIVAnews – China memiliki jumlah miliarder paling banyak di dunia. Rilis terbaru Hurun Rich List 2010 menyebutkan Negeri Tirai Bambu itu kini memiliki miliarder baru.

Dia adalah Zong Qinghou, pendiri Hangzhou Wahaha Group. Putus sekolah pada usia 18 tahun, Zong memilih merintis bisnis yang kini berkembang pesat. Jumlah karyawan yang dinaungi grup bisnisnya kini mencakup 30.000 orang.
Kekayaan Zong mencapai US$12 miliar atau melesat 12 peringkat dari tahun sebelumnya. 

Zong (65) mendirikan Wahaha, yang dalam bahasa China berarti ‘anak tertawa’ pada 1987. Dia memulai usahanya dari berjualan di sebuah sekolah bisnis di timur kota Hangzhou, China.

Perlahan, usahanya makin berkembang hingga menjelma menjadi perusahaan pembuat minuman ringan terbesar di China.

Dalam perjalanan bisnisnya, Zong sempat menjalin kerja sama dengan Groupe Danone SA, sebelum akhirnya memutuskan hubungan dengan perusahaan Prancis itu pada 2007.  

Urutan terkaya kedua di China setelah Zong adalah Li Li. Pemilik perusahaan farmasi Shenzhen Hepalink Pharmaceutical itu memiliki kekayaan sekitar US$6 miliar. 

Selanjutnya, Zhang Yin, pendiri raksasa kertas daur ulang Nine Dragons Paper dengan kekayaan US$5,6 miliar dan Liang Wengen, pemilik Sany Heavy Industry Co Ltd (US$5,4 miliar).

Sementara itu, Robin Li Yanhong, pendiri mesin pencari Baidu Inc memiliki kekayaan US$5,3 miliar dan Yan Bin, pemilik perusahaan properti Ruoy Chai International Group dan merek minuman energi, Red Bull dengan kekayaan US$5,3 miliar. 

Rupert Hoogewerf, penggagas laporan Hurun mengatakan, lembaganya mengidentifikasi bahwa sekitar 400 orang China memiliki kekayaan lebih dari 1 miliar yuan tahun ini. Sebagian kekayaan orang China itu didorong oleh penjualan saham perusahaan startup di papan perdagangan ChiNext yang dibuka 11 bulan yang lalu di bursa Shenzhen.

“Kami melihat ChiNext menciptakan banyak orang kaya baru yang tidak diduga sebelumnya,” kata Hoogewerf.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: