Oleh: onewords | September 30, 2010

OBAMA MAKIN TUNJUKKAN IMAN KRISTENNYA


Presiden AS, Barack Obama, semakin memperlihatkan kekristenannya di depan publik.

Pertama dia mengangkat iman Kristennya di sebuah konferensi pers Gedung Putih bulan ini. Kemudian ia pergi ke gereja untuk pertama kalinya dalam lima bulan terakhir. Dan pada hari Selasa kemarin (28/9) ia menjawab pertanyaan dengan luas yang berbicara tentang bagaimana ia memilih Kristen, bagaimana Yesus Kristus mempengaruhi hidupnya dan bagaimana ia berdoa setiap hari.

Penampilan di depan publik terkait soal agamanya ini menandai perubahan dari tahun pertama dari setengah masa kepresidenannya, ketika persoalan keyakinan agamanya menjadi masalah di sebagian besar persoalan pribadinya – dan hal itu semakin memanas setelah adanya jajak pendapat yang mendapatkan bahwa semakin banyak orang Amerika yang berpikir dirinya seorang Muslim, atau tidak mengetahui agamanya.

“Dia tampaknya berbicara tentang agamanya lebih banyak,” kata John Green, seorang ilmuwan politik di University of Akron dan seorang rekan senior di Pew Forum on Religion and Public Life. “Itu Berbeda dengan 18 bulan sebelumnya di mana ia tidak berbicara tentang hal itu sama sekali.”

“Tindakan Obama kali ini secara demonstratif memperlihatkan keimanan Kristennya karena sebelumnya dia tidak pernah terang-terangan berbicara soal agama,” kata Dennis Goldford, seorang ilmuwan politik di Universitas Drake di Iowa.

Obama telah menjadi seorang pria tanpa sebuah gereja sejak dia mengundurkan diri dari Trinity United Church of Christ di Chicago pada tahun 2008. Keanggotaan Obama di gereja tersebut telah mempermalukan karir politiknya setelah terungkap sebuah rekaman video yang menunjukkan khotbah ras inflamasi dan anti-Amerika oleh pendeta gereja tersebut, yang juga merupakan sahabat Obama, Rev. Jeremiah Wright.

Obama menolak untuk bergabung dengan sebuah gereja di Washington, dan jarang menghadiri ibadah dengan alasan bahwa ia tidak ingin mengganggu jemaat. Dia tidak berkonsultasi dengan pendeta dan pengkhotbah secara pribadi, tetapi menghindar dari diskusi publik soal imannya – setidaknya sampai sekarang.

Sikap diamnya itu tampaknya telah berubah sejak sebuah jajak pendapat Pew dirilis pada bulan Agustus lalu yang menemukan 18 persen orang Amerika mengatakan bahwa Obama adalah seorang Muslim, naik tajam dari 11 persen pada Maret 2009.

Pada saat yang sama, jajaran orang Amerika yang mengatakan bahwa Obama seorang Kristen turun dari 48 persen menjadi 34 persen, sementara jumlah mereka yang tidak tahu agama presiden mereka meningkat dari 34 persen menjadi 43 persen.

Ajudan Gedung Putih mengatakan tidak ada strategi politik yang sengaja dibuat untuk melawan kesan bahwa Obama adalah seorang Muslim.

Selama konferensi pers pada 10 September lalu di Gedung Putih, Obama mengangkat iman Kristennya sendiri ketika berbicara tentang sentimen anti-Muslim di negara itu.

“(Saya adalah) seorang yang sangat bergantung pada iman Kristen dalam pekerjaan saya,” katanya, “Saya mengerti adanya usaha yang dapat meningkatkan keyakinan agama.”

Pada 19 September, Obama dan keluarga secara mencolok berjalan kaki ke gereja St. John Episkopal di seberang Gedung Putih, yang merupakan kunjungan pertamanya ke gereja sejak awal April.

Selasa kemarin ia memberikan penjelasan yang rumit tentang iman Kristennya di sebuah acara di New Mexico.

“Saya seorang Kristen karena pilihan,” katanya kepada seorang wanita yang bertanya mengapa dia menjadi seorang Kristen. “Ibuku adalah salah satu orang yang paling relijius yang aku tahu, tapi dia tidak memasukkan nama Saya di gereja.”

“Jadi Saya menjadi Kristen di kemudian hari dan itu karena ajaran Yesus Kristus berbicara kepada Saya mengenai kehidupan yang Saya ingin jalani – memperlakukan orang lain dengan baik karena mereka akan memperlakukan Saya begitu juga. ”

Ia mengakui bahwa Amerika Serikat adalah negara yang didominasi Kristen, namun dirinya menghormati adanya keragaman agama.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: