Oleh: onewords | September 12, 2010

Tempat Terpencil


Bacaan Setahun :
Amsal 13-15
2 Korintus 5

Nats :
Di Yope ada seorang murid perempuan bernama Tabita – dalam bahasa Yunani Dorkas. Perempuan itu banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah (Kisah Para Rasul 9:36)

Tempat Terpencil

Kisah Para Rasul 9:36-39

Di sebuah tempat terpencil di Sulawesi Tengah, seorang hamba Tuhan yang masih muda menceritakan bahwa khotbahnya bukan cuma apa yang disampaikan lewat mimbar pada setiap hari Minggu. Khotbahnya yang sesungguhnya adalah apa yang ia lakukan di tengah jemaat. Ia menyulam sapu tangan sebagai hadiah hari Ibu; ia mengajari jemaat memasak minyak kelapa; ia mengajari anak-anak membaca dan menulis; ia mengajari para remaja bernyanyi dan menari; ia bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhannya; ia membawa hasil bumi ke pasar dan menukarnya dengan apa yang dibutuhkan oleh jemaat; ia berbagi cara mengolah hasil bumi dengan jemaat.

Tabita atau Dorkas dalam kisah Alkitab yang kita baca hari ini, adalah seorang perempuan biasa yang takut akan Tuhan. Ia tinggal di kota kecil bernama Yope-kota yang berada di tepi laut dan sama sekali bukan kota terkenal pada masa itu. Tabita tidak berkhotbah di mimbar. Namun, ia “berkhotbah” melalui perbuatan baik dan sedekah yang ia lakukan, antara lain dengan membuatkan pakaian untuk perempuan-perempuan miskin di kota itu. Ya, di sebuah kota kecil yang tidak terkenal, ada seorang murid Tuhan yang berhati mulia.

Barangkali Anda tinggal di sebuah daerah kecil, tidak terkenal sama sekali. Namun, pasti ada banyak hal-sesederhana apa pun, yang dapat Anda lakukan bagi Tuhan, yang menempatkan Anda di sana dengan maksud baik. Dan andai Tuhan punya catatan hari-an, saya membayangkan, di sana tertulis: “Di daerah … (tempat tinggal Anda) … ada seorang bernama … (nama Anda) …. Ia murid-Ku yang sangat rajin berbuat baik.” Bagaimana pendapat Anda? –SL

Copyright – SABDA.org – http://www.sabda.org/publikasi/e-rh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: