Oleh: onewords | Juni 5, 2010

5 Juni 2010


Bacaan Setahun :
2 Tawarikh 23,24
Yohanes 15

Nats :
dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan (Efesus 5:10)

Hiburan

Efesus 5:1-21

Setiap orang memiliki kebutuhan untuk melepas ketegangan dan menikmati hiburan. Namun, hiburan yang kita terima diyakini dapat memengaruhi karakter dan pola pikir kita. Beberapa penelitian psikologi juga menemukan relasi tersebut. Sebagai contoh, orang yang banyak mengonsumsi video game atau acara-acara televisi yang banyak mempertontonkan adegan kekerasan, dipercayai akan cenderung menjadi lebih agresif dan anti-sosial daripada orang yang memilih hiburan dalam bentuk lain.

Karena itu, adalah penting untuk kita menyeleksi hiburan apa yang kita konsumsi. Terlebih lagi kalau kita mengingat bahwa kita adalah orang-orang yang telah ditebus oleh Kristus (ayat 2, 8), sehingga kita harus hidup sepadan dengan status tersebut, yaitu dengan hidup dalam kekudusan (ayat 3-5).

Salah satu caranya, menurut Paulus, adalah dengan tidak hidup “berkawan” dengan segala yang bisa membawa kita kepada ketidakkudusan hidup (ayat 6-12). Dalam konteks saat ini, termasuk tidak “berkawan” dengan segala hiburan yang tidak baik; hiburan yang banyak mengeksploitasi kekerasan, seksualitas, dan okultisme. Atau, hiburan yang cenderung membuat kita kecanduan dan lupa diri, sehingga hidup tidak terkendali dan menjauh dari Tuhan.

Sebaliknya, kita perlu mengelola waktu sedemikian rupa untuk mengerjakan hal-hal yang berkenan kepada Tuhan (ayat 15-21); memilih hiburan yang tepat; hiburan yang membangun relasi dengan orang lain; yang membentuk karakter kita menjadi lebih baik; yang berguna bagi banyak orang; yang mendekatkan kita kepada Tuhan –ALS

Copyright – SABDA.org – http://www.sabda.org/publikasi/e-rh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: