Oleh: onewords | Februari 28, 2010

Pelajaran dari Kegagalan


Thomas Starzl menaruh minat pada transplantasi atau pencangkokan sebagai anggota ahli bedah di falkutas kedokteran. Pada tahun 1958, ia mencangkok sejumlah hati baru ke dalam anjing-anjing yang hatinya telah dibuang—semuanya mati dalam waktu dua hari setelah pembedahan. Setahun kemudian, ia menemukan cara untuk memantapkan peredaran mereka. Hasilnya,, anjing-anjing itu dapat hidup selama seminggu setelah operasi pencangkokan. Pada bulan Maret 1963, Dr. Starzl melakukan pencangkokan hati manusia untuk pertama kalinya, tetapi pasiennya meninggal karena pendarahan. Kegagalam itu, dan suatu wabah hepatitis yang menulari pusat-pusat ginjal buatan dan pengcangkokan di seluruh dunia selama awal tahun 1960-an, memaksa dia untuk meninggalkan programnya mengenai pencangkokan hati.

Pada tahun 1968, Starzl dan rekan-rekan lainnya melaporkan hasil dari percobaan transplantasi baru kepada asosiasi pembedahan Amerika. Semua dari tujuh anak yang terlibat dalam penelitian itu telah berhasil hidup seusai pencangkokan, walaupun empat anak meninggal dalam waktu enam bulan—suatu hasil yang mendorong semangat walaupun bukan prestasi luar biasa. Pada tahun 1975 hanya ada dua program pencangkokan hati yang masih tersisa di dunia.

Kemudian pada bulan Mei 1981, Starzl dan kelompoknya mengalami keberhasilan—19 dari 22 orang pasien hidup untuk waktu yang lama setelah menjalani pencangkokan!

Starzl dikecam, bahkan difitnah oleh masyarakat kedokteran karena mencoba mencangkok hati, tetapi ia bertekun. Hari ini, pencangkokan hari dilakukan secara rutin di banyak rumah sakit di seluruh dunia.

Biarlah semua kegagalan mengajar Anda, bukan menghambat Anda!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: