Oleh: onewords | Oktober 23, 2009

Siluet


Pada abad ke-18, siluet (profil bayangan yang dipola dan dipotong dari kertas hitam) merupakan alternatif popular sebagai pengganti potret yang mahal. Kata siluet diambil dari nama seorang jenderal pengawas keuangan berkebangsaan Perancis, Etienne de Silhouette. Selama Perang Tujuh Tahun melawan Inggris, ia berupaya meningkatkan pendapatan dengan mengenakan pajak yang tinggi terhadap orang-orang kaya. Para wajib pajaknya mengeluh dan menggunakan kata silhouette (siluet) untuk mengacu pada kekayaan mereka yang telah berkurang dan menjadi hanya bayangan dari kekayaan yang mereka miliki sebelumnya.

Seiring dengan kehancuran Yerusalem, Yeremia meratapi bayangan dari suatu kota yang sebelumnya merupakan kota agung dan menjadi pusat ibadah bangsanya. Yerusalem kini telah menjadi porak poranda oleh perang. “Acuh tak acuhkah kamu sekalian yang berlalu? Pandanglah dan lihatlah, apakah ada kesedihan seperti kesedihan yang ditimpahkan Tuhan kepadaku” (Ratapan 1:12).

Namun, Yeremia tidak larut dalam keputusasaan. Ia mengenali kemahakuasaan Allah dalam penderitaan. Selanjutnya dalam kitab Ratapan ini, Yeremia menyatakan: “Aku akan berharap. Tak berkesudahan kasih setia Tuhan, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi” (Ratapan 3:21-23).

Apakah duka atau penderitaan telah membuat hidup Anda terasa seperti bayangan gelap dari keadaan Anda sebelumnya? Ingatlah, kasih setia Allah selalu baru setiap pagi. Dia bekerja dengan penuh kasih di dalam hidup Anda untuk membawa kemuliaan bagi nama-Nya dan menjadi berkat bagi Anda.

Tak berkesudahan kasih setia Tuhan, tak habis-habisnya rahmat-Nya (Ratapan 3:22)

Tiada baying bangkit, tiada awan langit, t’rus bercahayalah mentari; Tiada bimbang, takut; tiada pun bersungut, pada yang berharap dan turut.

 

 

    


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: