Oleh: onewords | Oktober 14, 2009

Ushpizzin


Dalam legenda Yahudi, ushpizzin adalah tamu-tamu yang mengunjungi jemaat pada waktu Sukkot, hari raya Pondok Daun, Mereka dianggap sebagai tokoh-tokoh pahlawan Perjanjian Lama yang datang untuk memberikan penghiburan dan dorongan bagiorang beriman.

Menurut tradiri Yahudi, tamu-tamu yang tidak terlihat ini hanya mengunjungi sukkah (tempat perlindungan) yang merupakan tempat bagi kaum miskin—suatu hal yang menjadi pengingat bagi setiap orang akan kewajibannya untuk memedulikan orang lain. Hal ini juga mengingatkan mereka bahwa para pengawas yang tidak kasatmata ini mungkin sedang mengawasi kelakuan mereka.

Cerita mengenai ushpizzin ini tentu saja tidak sungguh terjadi. Namun, di luar tradisi dan legenda ini, kita juga diingatkan bahwa sebagai pengikut Kristus, hidup kita ada di dalam pengawasan. Orang lain mengawasi kita. Dan keperdulian kita kepada orang lain, khususnya bagi yang berkekurangan di antara kita, merupakan ungkapan belas kasih Kristus yang ditunjukkan bagi mereka yang terluka dan diasingkan dalam generasi-Nya.

Yakobus, saudara Yesus, menantang orang-orang percaya untuk mempratekkan kasih Kristus. Dia menulis, “Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia” (Yakobus 1:27).

Teladan dari Kristus dan firman dari Alkitab mendorong kita untuk perduli kepada dunia kita yang terluka. Siapa yang sedang mengawasi kita? Dunia kitalah yang mengawasi. Begitu pula Tuhan kita!

Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia” (Yakobus 1:27).

Ku ingin hatiku menjadi tahta-Nya, agar dunia mengawasiku dapat melihat keserupaan dengan Kristus terpancar di hidupku; Ku ingin menjadi seperti Kristus


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: