Oleh: onewords | Agustus 6, 2009

Anak Didik


Ketika para pemilik perusahaan ditanya apa yang menjadi syarat seseorang diterima sebagai anak didik, mereka menjawab bahwa orang tersebut haruslah “seseorang yang mau belajar”.

Dalam Alkitab, contoh yang baik tentang seorang anak didik adalah Yosua. Kita ingat kisah Yosua yang mengelilingi tembok Yeriko. Ia juga mendapat tanggung jawab yang penting sebagai pengintai (Bilangan 13:16) dan sebagai pejuang (Keluaran 17:10). Namun, Yosua sering berada di bawah bayang-bayang orang lain, yaitu Musa. Selama 40 tahun, Yosua melayani sebagai asisten, pembantu, dan anak didik Musa (Keluaran 24:13)

Allah memiliki jangka waktu-Nya sendiri dalam menyiapkan kita bagi pelayanan. Kadang kala, masa penantian itu berharga, yakni sebagai proses untuk mempelajari semua sasaran dan strategi yang dibutuhkan. Yosua memerhatikan iman Musa di dalam Allah. Ia belajar bagaimana menjadi lemah lembut (Bilangan 12:3), bagaimana cara menaati perintah (Keluaran 17:10), dan bagaimana menjadi pelayan Allah yang sesungguhnya (Yosua 1:1, 24:29). Bahkan kemarahan Musa pun (Bilangan 20:7-12) merupakan kesempatan yang perlu diperhatikan dan dipelajari. Dengan menghabiskan waktu bersama Musa. Yosua mempelajari hal-hal yang tidak dapat dipelajari dari sebuah buku.

Waktu bagi Yosua untuk memimpin pun akan tiba. Dan ketika saat tersebut tiba, ia dapat memercayai janji Allah kepadanya; “Seperti Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau. Aku tidak akan mebiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau” (Yosua 1:5).

Orang-orang yang akan menjadi pemimpin besar, kadang perlu untuk belajar bagaimana melayani dan mengikuti orang lain—Lalu mereka akan mendapatkan gilirannya untuk memimpin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: