Oleh: onewords | Agustus 5, 2009

Terapi Rohani


Saya pernah menulis buku berjudul Disappointment With God (Kekecewaan Terhadap Allah). Penerbit buku saya khawatir karena buku dengan judul demikian akan kelihatan tidak rohani bagi toko buku Kristen. Walaupun demikian, dalam proses penulisan buku itu, saya menemukan bahwa Alkitab menyertakan catatan terperinci dari orang-orang yang begitu kecewa pada Allah. Ayub dan Musa pernah kecewa terhadap Allah. Demikian pula dengan Habakuk, Yeremia, dan para penulis Mazmur yang tidak dikenal.

Rasanya aneh ketika Kitab Suci menyertakan gambaran tentang kegagalan rohani, tetapi hal ini merefleksikan sebuah prinsip penting. Seorang penasihat pernikahan akan memperingatkan pasangan yang akan menikah: “Hubungan kalian mungkin akan bertambah buruk sebelum bertambah baik”. Kesalahanpahaman harus disingkapkan sebelum pengertian yang sesungguhnya dapat tumbuh. Para pemazmur tidak merasionalisasikan kemarahan atau memberikan nasihat abstrak tentang kepedihan; tetapi mereka mengungkapkan emosi dengan gambling dan keras, demi menujukan perasaan mereka yang sesungguhnya langsung kepada Allah. Penderitaan mendalam dari bagian akhir Mazmur 88 memberikan cukup bukti (ayat 13-18).

Mazmur menyajikan mosaic dari terapi rohani yang sedang berjalan. Keraguan, ketakutan, kegamangan, kebahagiaan, kebencian, sukacita, pujian, dendam, pengkianatan—semuanya itu dapat ditemukan dalam kita Mazmur. Melalui kitab ini, saya belajar untuk menyatakan kepada Allah, apapun yang saya rasakan tentang Dia. Saya tidak perlu menutupi kegagalan saya, sejauh lebih baik membawa kelemahan saya kepada-Nya, satu-satunya yang berkuasa untuk menyembukan.

Di hatimu jika penuh takut, beritahu Yesus, beritahu Yesus; Di hatimu jika ada beban segera beritahu Yesus.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: