Oleh: onewords | Agustus 3, 2009

Ceritakan Pada Saya


Sekarang, setelah memiliki cucu, saya kembali membacakan cerita-cerita Alkitab klasik. Cerita-cerita yang membuat mata terbelalak seperti kisah Daud dan Goliat, bahtera Nuh, serta Yunus dan ikan besar, dapat cepat sekali membangkitkan imajinasi seorang anak.

Namun, ada bahaya yang harus kita perhatikan—bukan pada ceritanya itu sendiri, melainkan pada sikap kita terhadap cerita-cerita tersebut. Jika kita memandang semua kisah itu hanya sebagai cerita untuk anak-anak pada umumnya saja, kita akan kehilangan makna yang sesungguhnya.

Cerita-cerita Alkitab tidak pernah dimaksudkan untuk ditinggalkan saat kita sudah dewasa. Ada banyak pelajaran berharga yang dapat dipelajari melalui kisah-kisah mengagumkan dari mereka yang menghadapi raksasa, air bah, dan ikan besar.

Ratusan tahun setelah peristiwa-peristiwa itu terjadi, rasul Paulus menjelaskan bahwa hal-hal yang dialami Musa dan bangsa Israel ketika mengembara di padang gurun “menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita” (1 Korintus 10:11). Cerita-cerita ini berbicara tentang diri kita. Mereka menceritakan tekanan-tekanan yang kita alami setiap hari ketika kita juga berusaha menerapkan kehendak dan jalan Allah dalam kenyataan hidup kita. Semua ini mengajar kita tentang jahatnya dosa, kebutuhan utama kita untuk senantiasa memercayai Allah, dan pentingnya tetap setia dan teguh pada-Nya apapun yang terjadi.

Jangan abaikan cerita-cerita lama dalam Alkitab. Anda bisa saja terkejut ketika melihat apa yang Allah ingin ajarkan pada Anda melalui cerita-cerita itu.

Kita mempelajari firman Tuhan yang penuh berkat untuk menaruhnya dengan mantap di dalam hati kita; Dan ketika kita hendak bertindak berdasarkan firman itu kebenarannya tak akan beranjak dari kita.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: