Oleh: onewords | Agustus 2, 2009

Merekalah Masalahnya


Para peneliti dari Virginia Tech University, bersama para polisi pengatur lalu lintas, buru-buru ini menyimpulkan bahwa pengemudi yang terpecah konsentrasinya jauh lebih membahayakan dibandingkan dengan para pengemudi yang agresif. Pengemudi yang paling berbahaya adalah pengemudi yang makna saat mengemudi, sibuk mengatur anak-anaknya yang duduk di kursi belakang, atau berbicara di telepon.

Ketika penduduk Grand Rapids, Michigan, ditanya tentang kebiasaan buruk dari para pengemudi yang membuat jalan raya menjadi tidak aman, sebagian besar merasa bahwa orang lain-lah yang menyebabkan lebih banyak masalah daripada diri mereka sendiri. Seorang wanita berkata bahwa ia kadang-kadang menerima telepon dari telepon genggamnya, tetatpi setidaknya, ia tidak menelepon orang ketika sedang mengemudi. Dia menyimpulkan bahwa orang lain “tidak mengikuti peraturan yang berlaku bagi pengemudi di jalan raya…….. Mereka yang membuat kita selalu berada dalam bahaya”.

Menyalahkan orang lain merupakan sifat dasar kita. Rasul Paulus berbicara tentang rekan pengajar yang menolak untuk memperbaiki tingkah laku mereka sendiri dan malah menyerang dirinya (2 Korintus 10:12-18). Ia menulis: “Mereka mengukur dirinya sendiri dengan ukuran mereka sendiri…..Alangkah bodohnya mereka” (ayat 12).

Ketika kita tidak melihat perbuatan kita sendiri, sebaliknya justru membandingkan diri sendiri dengan orang lain, seringkali kita terlihat lebih baik. Namun, seperti yang dikatakan Paulus bahwa pujian dari Tuhanlah yang paling berarti dan bukan pujian kita bagi diri kita sendiri (ayat 18).

Kesalahan yang kulihat pada kehidupan orang lain, sering kali ada pada diriku; Maka tolonglah aku, Tuhan, untuk menyadari kemunafikan sendiri.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: