Oleh: onewords | Juli 29, 2009

Papan Penanda


Seorang teman pendeta memberitahu saya tentang sebuah papan penanda yang telah dilihatnya di depan sebuah gereja terdekat di lingkungannya. Tidak hanya berisi informasi tentang jam kebaktian di gereja itu, papan itu juga mencantumkan jadwal kebaktian dari dua gereja lain yang ada di kota kecil itu dengan jam ibadah yang berbeda. Yang menarik, teman saya tidak menganggap hal itu sebagai hal yang tidak praktis atau sesuatu yang bodoh. Sebaliknya, ia membayangkan apa dampaknya bagi sebuah gereja yang mengutamakan kerendahan hati sedemikian rupa dalam segala sesuatu yang dilakukannya!

Baik atau tidaknya ide untuk menampilkan jadwal ibadah dari gereja-gereja lain tergantung pada opini masing-masing pribadi. Namun, satu hal yang pasti: Roh Kristus tidak ditemukan dalam semangat yang penuh kecemburuan atau kompetisi yang mementingkan diri sendiri. Kemurahan hati dan maksud baik adalah tanda dari semangat kekristenan sejati. Hal ini dinyatakan Paulus kepada para pemimpin gereja yang mengutamakan kepentingan mereka sendiri (Filipi 1:14-18). Sikap serupa dengan Kristus ini selaras dengan ketiadaan kompetisi rohani seperti yang dikatakan Yakobus dalam kitabnya (Yakobus 3:14:17)

Gereja haruslah peduli pada pembangunan jemaatnya. Namun, berhati-hatilah agar jangan sampai hal itu berhenti hanya pada mengkhawatirkan jumlah jemaat yang hadir. Hikmat dan anugerah dari Kristus tidak melulu berasal dari hal yang sudah menjadi pendapat umum. Penilaian yang baik sering menuntut kita untuk melakukan tindakan yang tidak mementingkan diri sendiri di luar intuisi kita, sesuatu yang memancarkan hidup Yesus dalam diri kita.

Makin serupa Tuhanku, kuingin hidup dan bertumbuh, makin memiliki kasih-Nya ‘tuk kunyatakan pada sesama; Makin menyangkal diri seperti diri-Nya di Galilea, makin serupa Tuhanku, itulah kerinduanku.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: