Oleh: onewords | Juli 23, 2009

Mind Set (Pola Pikir)


“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna” (Roma 12:2)

Kejatuhan manusia dalam dosa dimulai dari pikiran yang telah disesatkan oleh tipu data iblis yang memutarbalikkan kebenaran Firman Tuhan. Tuhan telah berfirman kepada Adam dan Hawa bahwa “Semua pohon dalam taman Eden boleh dimakan, kecuali pohon pengetahuan yang baik dan jahat,” namun iblis membalikkan kebenaran Firman Tuhan itu dan mengatakan bahwa “Semua buah dalam taman Eden tidak boleh dimakan”. Tuhan berfirman “Kalau kamu makan buah itu, kamu akan mati”, tetapi si iblis membalikkannya dengan mengatakan “Sekali-kali kamu tidak akan mati, bahkan akan menjadi seperti Allah”.

Sejak manusia jatuh ke dalam dosa, kecenderungan hati manusia dipenuhi oleh kejahatan dan pola piker manusia menjadi tidak sehat:

  • Manusia berfikir tidak ada Allah, sehingga mereka melakukan menurut kemanuan mereka
  • Pikiran manusia dipenuhi oleh hal-hal yang sia-sia
  • Pikiran yang dipenuhi oleh rupa-rupa kejahatan
  • Pikiran yang dipenuhi oleh keinginan duniawi
  • Pikiran yang negative

Kematian Yesus di kayu salib, membuat pemulihan bagi manusia yang telah jatuh ke dalam dosa. Pemilihan yang dilakukan bukan hanya bagi roh manusia, tetapi juga termasuk pemulihan bagi jiwa manusia yang di dalamnya terdapat pikiran. Sehingga pemulihan tersebut membuat manusia memiliki pola piker yang benar, yaitu memikirkan hal-hal yang benar, mulia, yang adil, yang manis, yang sedap didengar yang disebut kebajikan dan patut dipuji. Paulus katakana “Pikirkanlah semua itu” Akibatnya damai sejahtera Allah yang melampaui segal akal, akan memelihara hati dan pikiran kita dalam Yesus Kristus.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: