Oleh: onewords | Oktober 26, 2008

Event: ‘Tak Ada Tempat Sembunyi’


Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. (1Yohanes 1:9)

Saat Hawa berdosa, Allah tidak langsung menegur Hawa saat itu juga. Demikian juga sewaktu Adam berdosa. Baru beberapa saat kemudian Allah datang, dan manusia bersembunyi. Allah tahu, tetapi Dia bertanya: “Dimanakah engkau?” Demikian juga setelah manusia menjawab, Allah kembali bertanya, “Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?”

Mengapa Allah bertanya? Bukankah Allah sudah tahu semua kejadian dan perbuatan mereka? Ini bukan berarti Allah tidak tahu. Allah mau menunggu dan ingin mengetahui apa sikap orang tersebut. Allah ingin memberi kesempatan kepada manusia untuk mengaku. Karena, hanya dengan mengaku maka seseorang bisa diampuni dosanya.

Setiap dosa, walaupun saat itu Tuhan belum menindak, pasti ada akibat-akibatnya. Akibat yang pasti yaitu rusaknya hubungan dengan Tuhan. Walaupun seseorang bisa melakukan aktivitas rohani seperti biasa, namun persekutuan dengan Tuhan menjadi tidak enak. Itu sebabnya, orang tersebut perlu mengakui dosanya.

POKOK DOA
Allah menghargai pengakuan. Untuk selamat, perlu pengakuan (Roma 10:10). Pengakuan juga mengawali langkah iman kita (Markus 5:28) seperti apa yang dikatakan wanita yang pendarahan: Sebab katanya: “Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh.” Pengakuan juga penting untuk menerima pengampunan dosa.
• Adakah dosa yang sekarang Anda sadari dan Anda sesali? Akuilah itu kepada Tuhan dan terimalah pengampuan dari Tuhan yang sempurna.
• Apakah Anda terlibat konflik dengan orang lain? Berdoalah agar Tuhan memberi kesempatan berdamai atas masalah tersebut dan masing-masing diberi kerendahan hati untuk mau menyelesaikannya dengan baik.

AYAT BACAAN HARI INI
Mazmur 117
1Yohanes 1
Yehezkiel 40-41

MENGGALI FIRMAN TUHAN
Mazmur 117:1-2
• Siapakah yang harus memuji Tuhan? (ay. 1)
• Siapakah yang harus memegahkan Tuhan? (ay. 2)
• Kenapa Dia patut dipuji dan dimegahkan? (ay. 2)

AYAT HAFALAN PEKAN INI
Mazmur 119:14

Sumber :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: