Oleh: onewords | Agustus 24, 2008

Kalahkan Kanker, Menangi Olimpiade


Beijing – Beberapa tahun lalu Maarten van der Weijden cuma punya sedikit peluang hidup karena kanker yang dideritanya. Tapi di Beijing 2008 dia mampu mendapat emas di nomor bergengsi.

Tujuh tahun lalu Maarten van der Weijden didiagnosa menderita leukemia yang membuat dokter tak tahu berapa lama lagi usianya tersisa. Namun vonis tersebut tak menyurutkan semangat hidup pria Belanda itu, dengan transplantasi sel dan kemoterapi dia akhirnya bisa bertahan hingga kini.

Tapi kisah heroik Weijden tak berhenti sampai di situ karena beberapa saat lalu dia berhasil merengkuh medali emas di Olimpiade Beijing. Medali yang dia raih juga datang dari nomor yang luar biasa yakni renang maraton luar ruangan dengan jarak tempuh 10 km.

“Hal tersebut membuat medali emas ini terasa sangat spesial,” ungkap Van der Weijden saat ditanya wartawan soal kanker yang dia derita dan kemenangan yang diraih. “Itu membuktikan kalau orang sakit pun bisa meraih medali emas.”

Hampir di sepanjang pertandingan Van der Weijden selalu berada di belakang perenang Inggris, David Davies. Baru di 400 meter terakhir dia mampu menyodok ke posisi teratas untuk kemudian menyentuh garis finish di posisi pertama dengan waktu 51 menit dan 51 detik.

“Leukaemia mengajari saya untuk berpikir selangkah demi selangkah … menjadi lebih sabar, santai dan menunggu (kesempatan). Itu strategi yang sama dengan yang saya terapkan di sini, bertahan di rombongan, mencoba tenang dan menunggu kesempatan saya,” pungkas pria 27 tahun itu. ( din / krs )

 

Doni Wahyudi – detikspot

Sumber : detiksport, Kamis, 21/08/2008 18:10 WIB


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: